Sedekah Bumi Dusun Dempel

Selasa 23-juli-2019. Apitan atao yang lebih dikenal dengan sedekah bumi,Tradisi warga Dusun Dempel dari dahulu setiap wulan Apit mengadakan bersih-bersih Sendang dan diadakan hiburan Seni Tayup. Setelah lama tidak di adakan hiburan “SENDANG SOKO” sumber mata air di Dusun Dempel,yang airnya untuk kebutuhan sehari-hari warga dusun dempel pada saat kemarao panjang habis airnya maka dari itu warga mempunyai inisiataif pada jaman dahulu setiap apitan/sedekah bumi diadakan senitayup. sampai saat ini setiapĀ  wulan Apit warga bersiap-siap untuk mengadakan senitayup sambil nguri-nguri kebudayaan jawa.

Acara apitan di Dusun Dempel dimulai pada pukul 09.30 acara dimulai dari “KURAS SENDANG” yang mana kuras sendang tersebut terkandung arti membersihkan sumber mata air sumur galian yang dianggap keramat. setelah acara kuras sendang dilanjutkan acara Sedekah bumi pada pukul 13.00 wib,acara sedekah bumi tersebut warga berbondong-bondong datang kelokasi “SENDANG SOKO” dengan membawa nasi beserta ingkung ayam,istilah jawa yaitu bancaan dan mengucap syukur telah diberikan kesehatan,keselamatan dan rejeki yang cukup dari hasil bumi.

Dan tidak kalah pentingya ikut peran serta Kepala Desa Dempel beserta Perangkat juga Babinsa dan Babinkamtibmas juga ikut hadir dalam acara tersebut.