Pemilihan BPD Desa Dempel


Pemilihan Anggota Badan Permusyawaratan Desa atau BPD Desa Dempel Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Jawa Tengan yang biasanya tidak ada pendaftar dalam pemilihan BPD,kaliini setiap Dusun banyak yang mendaftar sebagai calon BPD.

Dempel Senin 4/11/2019.Meskipun didalam peraturan pemilihan anggota BPD dilakukan dengan cara musyawarah desa dimana hanya berdasarkan masing-masing tokoh masyarakat. Namun didesa Dempel Kecamatan Karangrayung dilakukan dengan cara foting,karna didalam musyawarah apabila tidak bisa mufakat akan terjadi perpecahan diantara semua lapisan masyarakat.

Menurut ketua paniti pemilihan BPD,sebelumnya juga dipilih secara foting,namun berbeda pemilihan BPD masajabatan 2019-2025 para ketua RT mengikut sertakan perwakilan tokoh masyarakat perwakilan dari perempuan untuk menentukan calon anggota BPD terpilih dari keterwakilan perempuan.

Karena di Desa Dempel mempunyai 3 dusun dan memliki kuota kursi BPD sejumlah 7,maka penita beserta tokoh RT dan RW bermusyawarah berdasarkan luas wilayah bahwa Dusun Pondok mendapatkan 2 kursi,Dusun Limberejo Mendapatkan 2 kursi Dusun Dempel mendapatkan 3 kursi.Kesepakatan ini dimusyawarahkan pada saat sosialisasi peraturan yang mengatur tentang pemilihan BPD.

Saat musyawarah berlangsung panita beserta peserta musyawarah mengambil keputusan untuk foting agar cepat dalam menjalankan musyawarah dan tepat sasaran.

Setelah terlaksanya pemilihan BPD ketua panitia yaitu Bapak Sekdes Siswoyo mengumumkan “Bahwa calon BPD terpilih di masing-masing wilayah Dusun Pondok RETNO CAHYANINGSIH & SUPADI
Dusun limberejo SUPRIYONO & DARYONO
Dusun Dempel SUHARTO,AGUS SUTRIYONO & AHMAD DAWAM
Semoga BPD terpilih amanah dan dapat menjalankan tugas sesuai tupoksinya”.

Ujar Kades Dempel yaitu Bapak Soewarno “Bahwa pemilihan BPD menurut aturanya dimusyawarhkan namun peserta musyawarah kalo memang sepakat diadakan foting juga dipersilahkan,namun satu wejangan dari saya (Kades) meskipun beda pilihan tetap kita saudara meskipun kepala panas hati tetap dingin,dan ciptakan suasana yang aman,tertip dan damai. Dan saya (Kades) Berharap setelah terpilihnya BPD Desa Dempel dapat bekerjasama dengan pemerintah desa guna menciptakan desa yang maju,sejahtera dan religius”.